ANDRAGOGI
Malcolm S. Knowles
| ASSUMPTION (Asumsi yang membedakan antara Andagogi dengan Pedagogik) | ||
| About: | Pedagogical Menurut Knowles(Sudjana 2005:62) beliau mendefinisikan bahwa pedagogik merupakan seni dan ilmu untuk membantu dan mengajar anak-anak dalam belajar | Andragogical Menurut Knowles (Sudjana, 2005: 62) beliau mendefinisikan bahwa andragogi merupakan seni dan ilmu untuk membantu peserta didik (orang dewasa) dalam belajar |
| Concept of the learner Terjemahan : Konsep pembelajar. Konsep perbedaan yang akan dibicarakan yaitu mengenai konsep pembelajar | Dependent personality Terjemahan: Tergantung kepribadian. Maksudnya yaitu bahwa kepribadian manusia terutama anak-anak berbeda-beda antara yang satu dan yang lain, hal ini disebabkan oleh kondisi psikologis anak yang masih berubah-ubah selain itu yaitu keturunan dan lingkungan. | Increasingly self-directed Terjemahan: Semakin mandiri. Maksudnya bahwa orang dewasa merupakan manusia yang mandiri sehingga dapat disimpulkan bahwa orang dewasa mempunyai indikator dapat hidup mandiri, dapat mengambil keputusan sendiri dan tidak menggantungkan diri pada orang lain. (Problematik Pendidikan, hal: 13) |
| Role of learner’s experience Terjemahan: Peran pengalaman pembelajar | To be built on more than used as a resource Terjemahan: Akan dibangun di lebih dari digunakan sebagai sumber daya. Maksudnya bahwa didalam diri seorang anak terkandung potensi atau bakat yang akan terbangun dari pengalaman belajaranya, hal ini di buktikan dengan penelitian neurologi yaitu bila anak distimulus dengan pengalaman belajar sejak dini maka akan ditemukan potensi paling unggul yang ada pada dirinya | A rich resource for learning by self and others Terjemahan: Sebuah sumber daya yang kaya untuk belajar oleh diri sendiri dan orang lain. Maksudnya bahwa peran pengalaman belajar orang dewasa lebih luas karena bersumber pada pengalaman belajar dirinya sendiri dan orang lain sehingga akan membuat kaya akan pengetahuan, seperti dijelaskan oleh Gestalt yaitu bahwa belajar sebagai pengembangan wawasan yang dihasilkan dari interaksi orang dengan linkungannya. |
| Readiness to learning Terjemahan: Kesiapan belajar. | Uniform by age-level and curriculum Terjemahan: Seragam oleh tingkat usia dan kurikulum. Maksudnya bahwa anak-anak terikat oleh aturan seperti seragam supaya bisa mendisiplinkan diri anak-anak. Kurikulum yang dimaksud yaitu supaya pengalaman di sekolah dan diluar harus dipersatukan sehingga segalanya menjadi suatu kesatuan dengan cara mengambil suatu masalah untuk dijadikan pusat segala kegiatan.( Pengantar pedagodik, hal:50) | Develops form life task and problems Terjemahan: Berkembang dari tugas kehidupan dan masalah. Maksudnya bahwa kesiapan belajar orang dewasa berpusat pada masalah dan pengalaman belajar yang dihadapi orang dewasa dalam kehidupan sehari-hari, hal tersebut dilakukan untuk menunjukan kepada orang dewasa bahwa pengetahuan yang diperoleh mempunyai kaitan dan fungsi dengan masalah-masalah yang dihadapi.(Teori Belajar Orang Dewasa, hal:22) |
| Orientation to learning Terjemahan: Orientasi untuk belajar. | Subject-centered Terjemahan: Subyek terpusat. Maksudnya bahwa sasarannya atau subjeknya adalah anak didik dan bertujuan untuk menjadikan anak didik seperti yang diharapkan di dalam tujuan pendidikan.(Pengantar Pedagogik,hal: 25) | Task or problem-centered Terjemahan: Tugas terpusat pada masalah. Maksudnya bahwa orientasi belajar berpusat pada masalah sehingga akan mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari secara sistematis, hal tersebut diungkapkan oleh Dr.Kowit dalam perilaku praktis.(Teori Belajar Orang Dewasa,hal: 23) |
| Motivation Terjemahan: Motivasi | By externsl rewards and punishments Terjemahan: Dengan penghargaan dan hukuman eksternal. Maksudnya bahwa motivasi belajar bisa tumbuh dari penghargaan yang diperoleh misalnya mendapat peringkat 1 diberi hadiah sepeda sedangkan hukuman diberikan bagi anak yang bertingkah laku tidak sesuai aturan yang bertujuan untuk menyadarkan anak agar sadar yaitu dengan memberikan sanksi yang tegas misalnya dihukum dibawah tiang bendera. Motivasi memperoleh penghargaan sesuai dengan hierarki kebutuhan menurut Maslow yaitu needs for esteem.(Pengantar Pedagogik,hal:107) | By internal incentives, curiosity Terjemahan: Oleh internal, rasa ingin tahu intensif. Maksudnya bahwa motivasi muncul dari rasa ingin tahu dan orang dewasa akan berbuat sesuatu jika usaha tersebut bermanfaat bagi dirinya untuk meraih cita-cita, misalnya melibatkan langsung dalam penelitian mengenai masalah yang ada pada hidupnya dengan mengadakan diskusi kelompok untuk memancing pemikiran yang kritis dari orang dewasa. (Teori Belajar Orang Dewasa, hal:22) |
ANDRAGOGY
Malcolm S. Knowles
| PROCESS ELEMENTS | ||
| Elements | Pedagogical | Andragogical |
| Climate Terjemahan: Iklim | Tense, low trust Formal, cold, aloof Authority-oriented Competitive, judgmental Terjemahan: Tegang, rendahnya kepercayaan formal, dingin, suka menyendiri otoritas berorientasi kompetetif, menghakimi. Maksudnya bahwa suasana hati dan sikap anak-anak ketika menghadapi masalah belajar yaitu tegang, menyendiri, menurunnya rasa percaya diri, dan persaingan antar teman. Hal ini disebabkan oleh kondisi psikologi anak yang masih berubah-ubah | Relaxed, trusting Mutually respectful Informal, warm Collaborative supportive Terjemahan: Santai, percaya, saling menghormati, informal, mendukung kolaborasi hangat. Maksudnya bahwa ikilim belajar orang dewasa mencakup kegiatan belajar serta kondisi psikologinya yang sudah stabil seperti sikap saling percaya, santai, saling menghormati antar orang dewasa. |
| Planning Terjemahan: Rencana | Primarily by teacher Terjemahan:Terutama oleh guru. Maksunya bahwa rencana-rencana dibuat guru sebagai pedoman untuk mengajar yang dituangkan dalam sillabus. Rencana yang dibuat berupa peraturan yang harus ditaati ataupun rencana kegiatan pembelajran yang sesuai dengan kurikulum | Mutually by learners and facilitator Terjemahan:Saling oleh peserta didik dan fasilitator. Maksudnya bahwa didalam pembelajaran orang dewasa terdapat kontrak belajar yang harus disepakati bersama antara pendidik dan peserta didik (orang dewasa) misalnya menyepakati daftar presensi masuk, tugas. |
| Diagnosis of needs Terjemahan:Diagnosis kebutuhan | Primarily by teacher Terjemahan:Terutama oleh guru. Maksudnya bahwa kebutuhan-kebutuhan anak ditentukan oleh guru karena anak-anak sendiri belum bisa mencari referensi belajar yang cocok untuk pembelajaran | By mutual assessment Terjemahan:Dengan penilaian bersama. Maksudnya bahwa kebutuhan tersebut di diagnosis berdasarkan kemampuan yang ingin dicapai pada tujuan pembelajaran.Caranya yaitu dengan mengidentifikasi karakteristik, motivasi, mengukur tingkat pengetahuan peserta belajar pada awal pertemuan,dan kebutuhan belajar peserta belajar terutama menyangkut kesulitan belajar peserta belajar.(Teori Belajar Orang Dewasa,hal:146) |
| Setting of objectives Terjemahan:Menetapkan tujuan | Primarily by teacher Terjemahan:Terutama oleh guru Maksudnya bahwa dalam menetapkan tujuan belajar telah dirumuskan dalam tujuan pendidikan yaitu untuk menuju kehidupan yang baik bagi individu dan masyarakat. Hal tersebut dirumuskan oleh guru sebagai pendidik. Menurut Dewey tujuan pendidikan bersifat temporer yang berarti jika suatu tujuan telah dicapai maka menjadi alat untuk mencapai tujuan berikutnya.(Pengantar Pedagogik,hal:49) | By mutual negotiation Terjemahan:Dengan negoisasi saling menguntungkan Maksudnya bahwa dalam merumuskan tujuan belajar harus ada kesepakatan bersama yang menguntungkan yaitu dengan mengukur tingkat pengetahuan peserta belajar pada awal pertemuan lalu antara pendidik dan peserta belajar bersama-sama merumuskan tujuan belajar yang dijadikan indikator terjadinya perubahan.(Teori Belajar Orang Dewasa,hal:145) |
| Designing learning plans Terjemahan:Merancang rencana pembelajaran | Teachers’s content plans Course syllabus Logical sequence Terjemahan:Guru kursus konten rencana urutan silabus logis Maksudnya bahwa rencana kegiatan pembelajaran dibuat oleh guru dalam sillabus yang bentuk kegiatannya telah diatur secara urut berdasarkan kurikulum yang ada yang djadikan patokan dalam pembelajaran | Learning contracts Learning projects Sequenced by readiness Terjemahan:Belajar kontrak proyek sequencing oleh kesiapan Maksudnya bahwa rencana pembelajaran yang dipilih oleh pendidik untuk dilaksanakan baik peserta belajar maupun oleh sumber belajar dalam upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan bersama.(Teori Belajar Orang Dewasa,hal: 146) |
| Learning activities Terjemahan:Kegiatan belajar | Transmittal techniques Assigned readings Terjemahan:Teknik pengiriman ditugaskan pembacaan Maksudnya bahwa anak-anak jika tidak diberikan suatu instruksi untuk belajar maka dia tidak akan mengulangi pelajaran yang telah dipelajari,maka dari itu dengan menyuruh anak untuk membaca secara tidak langsung anak akan mengingat kembali pelajaran yang telah disampaikan | Inquiry projects Independent study Experimental techniques Terjemahan:Kirim proyek teknik studi independen eksperimental Maksudnya bahwa dalam melaksanakan kegiatan belajar dilakukan dengan persiapan yaitu pengelolaan kelas, penyelenggaraan tes, penyajian bahan ajar, motivasi, diskusi, pemantauan interaksi belajar. Pemantauan interaksi belajar dapat berupa tugas mandiri, kelompok(Teori Belajar Orang Dewasa,hal:148) |
| Evaluation Terjemahan: Penilaian | By Teacher Norm-referenced (on a curve) With grades Terjemahan:Dengan guru norma-direferensikan (pada kurva) dengan nilai. Maksudnya bahwa evaluasi dilakukan oleh guru dengan cara pemberian nilai. Evaluai mempunyai fungsi normatif yaitu evaluasi bersifat fleksibel sehingga murid akan ikut berpartisipasi dalam membimbing dan mengarahkan dirinya sendiri. Evaluasi yang baik didasarkan pada sistem kredit dan dilakukan secara terus menerus.(Pengantar Pedagogik,hal:230) | By learner-collected evidence validated by peers, facilitators, experts Criterion-referenced Terjemahan:Dengan mengumpulkan bukti validasi oleh teman sebaya, fasilitator, ahli kriteria-referenced. Maksunya bahwa penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung yang bersumber dari teman dan bukti yang telah tervaliditasi. Tujuan dilakukan evaluasi yaitu memperoleh feedback yang berupa taraf pencapaian tujuan, kesesuaian antara tekhnik dan metode pembelajaran, keberhasilan pembelajaran untuk mencapai tujuan.(Teori Belajar Orang Dewasa,hal:149) |
CHARACTERISTICS OF ADULT LEARNERS
KARATERISTIK PEMBELAJAR DEWASA
| ADULTS | CHILDERN |
| Broader base of experience Terjemahan:Dasar pengalaman yang lebih luas Maksudnya bahwa orang dewasa mempunyai pengalaman yang lebih luas karena telah mengalami tahap-tahap kehidupan dari bayi hingga dewasa. Orang dewasa lebih memanfaatkan keuntungan potensial dan kekurangan dari pengalaman kehidupan yang lampau dan pengalaman tersebut mencakup kejadian yang berkesan maupun kejadian yang menimbulkan stres.( Smith, 1982:40) | More limited experience Terjemahan:Lebih terbatas pengalaman Maksudnya bahwa anak-anak masih sedikit memperoleh pengalaman karena baru sebatas menempuh sepertiga dari bagian hidupnya yaitu sampai masa anak-anak. |
| Learning is often voluntary or self-motivated Terjemahan :Belajar sering kali sukarela atau termotivasi Maksudnya bahwa orang dewasa belajar dari keinginan yang bersumber dari motivasi internal yang berupa usaha yang bermanfaat yang tumbuh dari dalam dirinya sedangkan motivasi eksternal yaitu rangsangan dari luar.(Teori Belajar Orang Dewasa, hal:37) | Learning is more often compulsory Terjemahan :Belajar lebih sering wajib Maksudnya bahwa anak belajar karena berlandaskan aturan-aturan dari sekolah yang wajib dipatuhi. Misalnya belajar dari pukul 07.00 hingga 13.30 |
| Learning can be self-directed Terjemahan :Belajar dapat mandiri Maksudnya bahwa orang dewasa belajar melalui pengalamann yang diperolehnya melalui keputusan yang diambilnya, tanggung jawab atas perbuatannya, dapat mengimplementasikan norma-norma dalam kehidupan sehari-hari, dan lain-lain.( Pengantar Pedagogik,hal:13) | Learning is usually teacher-directed Terjemahan :Belajar biasanya diarahkan guru Maksudnya bahwa anak-anak perlu bantuan orang lain terutama guru disekolah untuk mengarahkan kebutuhan dan minat anak dan guru harus membimbing dalam kegiatan belajar.(Pengantar Pedagogik,hal 53) |
| Little time available for attending classes and studying Terjemahan :Tersedia untuk menghadiri kelas dan belajar sedikit waktu Maksudnya bahwa orang dewasa mempunyai tanggung jawab dan waktu yang sedikit maka orang dewasa mempunyai waktu yang sedikit untuk belajar, mereka harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan dirinya dan keluarga sehingga mereka hanya menggunakan sisa waktu yang senggang untuk belajar. | School activities consume most time Terjemahan :Kegiatan sekolah menyita sebagian waktu Maksudnya bahwa seorang anak memang diwajibkan untuk belajar disekolah sehingga porsi belajar lebih banyak dan belajar pada anak harus lebih memusatkan konsentrasi yang akan menyita sebagian waktu anak |
| Learning often motivated by life responsibilities and changes Terjemahan :Belajar sering termotivasi oleh tanggung jawab kehidupan dan perubahan Maksudnya bahwa orang dewasa mempunyai alasan tertentu mengapa harus belajar sehingga memberikan motivasi untuk kearah perubahan. Motivasi seseorang ditentukan oleh lemah kuatnya motif seseorang untuk berusaha. Tujuan dari motivasi yaitu memberikan semangat belajar, meningkatkan saling perhatian dan interaksi anatara pendidik dan peserta belajar, meningkatkan efektifitas dan efisiensi.(Teori Belajar Orang Dewasa,hal:36) | Learning typically limited to academics Terjemahan :Belajar biasanya terbatas pada akademisi Maksudnya bahwa anak-anak belajar hanya mempelajari apa yang telah diperoleh pada waktu sekolah sehingga belajar diorientasikan hanya untuk bisa menempuh tingkatan lebih lanjut |
| Need for immediate application Terjemahan :Kebutuhan aplikasi langsung Maksudnya bahwa orang dewasa belajar dari masalah-masalah yang ada didalam hidupnya sehingga bisa untuk mengaplikasikannya dalam memecahkan masalah | Much learning has deferred application Terjemahan:Banyak pembelajaran telah ditangguhkan aplikasi Maksudnya bahwa pengaplikasian masalah hanya sebatas pemecahan soal-soal pelajaran yang diakaitkan dengan contoh kehidupan sehari-hari |
| View teacher as having a reciprocal relationships with students Terjemahan :Lihat guru sebagai memiliki hubungan timbal balik dengan siswa Maksudnya bahwa adanya feedback terhadap pembelajaran karena antara guru dan peserta didik(orang dewasa) mempunyai hubungan kedekatan secara umur dan didalam proses pembelajaran terdapat kontrak belajar yang harus disepakati antara pendidik dan peserta belajar | View teacher as having superior knowledge and authority Terjemahan :Lihat guru sebagai memiliki pengetahuan unggul dan otoritas Maksudnya bahwa anak hanya sebagai penerima ilmu dari guru yang merupakan otoritas dalam kelas sehingga hanya terjadi komunikasi satu arah antara guru dan murid |
| May have a negative self-concept Terjemahan :Mungkin memiliki konsep diri negatif Maksudnya bahwa konsep diri yang negatif akan menumbuhkan motivasi orang dewasa untuk berubah ke arah yang lebih baik | More likely to expect success Terjemahan :Lebih mungkin untuk mengharapkan sukses Maksudnya bahwa murid belajar lebih keras untuk meraih cita-cita agar kehidupan dimasa mendatang dapat menjadi cerah |
| May have established ideas, attitudes and behaviors which are difficult to change Terjemahan :Mungkin telah membentuk ide-ide, sikap dan perilaku yang sulit untuk mengubah Maksudnya bahwa sifat-sifat yang dimiliki orang dewasa lebih sulit unruk di ubah karena orang dewasa telah mendapat pengalaman yang pernah dialami | Less likely to have set ideas, attitudes or behaviors; more adaptable Terjemahan :Kurang cenderung memiliki ide-ide mengatur, sikap tau perilaku, lebih mudah beradaptasi Maksudnya bahwa anak-anak masih mempunyai sifat saling ketergantungan sehingga mereka ingin mempunyai teman yang melindungi dia dengan cara mereka mudah beradaptasi |
| Often intimidated by and resistant to tests Terjemahan :Sering terintimidasi oleh dan tahan terhadap tes Maksudnya bahwa pengetahuan orang dewasa terhadap perkembangan belajar misalnya teknologi masih rendah sehingga mereka sulit untuk menyesuaikan diri | More accustomed to taking tests Terjemahan :Lebih terbiasa untuk mengambil tes Maksudnya bahwa anak-anak dalam proses belajar selalu disuguhi oleh bermacam-macam soal tes sehingga mereka mampu memecahkan maslah |
| Extensive speaking vocabulary einfluences learning Terjemahan :Kosa kata berbicara ekstensif mempengaruhi belajar Maksudnya bahwa orang dewasa akan mudah menerima kosa kata asing jika sering diucapkan dan dikaitkan dengan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari | Limited vocabulary which is increased through education Terjemahan :Terbatas kosa kata yang meningkat melalui pendidikan Maksudnya bahwa pengetahuan tentang kosa kata terbatas hanya pada pelajaran yang diperoleh |
| Physiological factors (visual, audio, health) may influence learning Terjemahan :Faktor fisiologis(visual, audio, kesehatan) dapat mempengaruhi belajar Maksudnya bahwa faktor yang mempengaruhi proses interaksi belajar yaitu faktor fisiologis yang meliputi pendengaran, penglihatan, kondisi fisiologis. Dalam kegiatan pembelajaran kondisi fisiologis sangat berpengaruh yaitu kesehatan, kurang gizi, sakit yang diderita seperti pusing,flu. | Physiological factors are less likely to influence learning Terjemahan :Faktor fisiologis cenderung untuk memperngaruhi belajar Maksudnya bahwa kesanggupan belajar anak dipengaruhi oleh faktor fisiologis seperti penglihatan, pendengaran dan kesehatan fisik. |
Daftar Pustaka
Mappa, Syamsu. 1994. Teori Belajar Orang Dewasa.Jakarta: Direktorat Jendral
Pendidikan Tinggi
Salam, Burhanuddin. 2002. Pengantar Pedagogik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA


0 komentar:
Posting Komentar