Kamis, 14 Juni 2012

ANDRAGOGI


ANDRAGOGI

Malcolm S. Knowles
ASSUMPTION
(Asumsi yang membedakan antara Andagogi dengan Pedagogik)
About:


Pedagogical
Menurut Knowles(Sudjana 2005:62) beliau mendefinisikan bahwa pedagogik merupakan seni dan ilmu untuk membantu dan mengajar anak-anak dalam belajar
Andragogical
Menurut Knowles (Sudjana, 2005: 62) beliau mendefinisikan bahwa andragogi merupakan seni dan ilmu untuk membantu peserta didik (orang dewasa) dalam belajar
Concept of  the learner
Terjemahan : Konsep  
                      pembelajar.

Konsep perbedaan yang akan dibicarakan yaitu mengenai konsep pembelajar

Dependent personality
Terjemahan: Tergantung
                      kepribadian.

Maksudnya yaitu bahwa kepribadian manusia terutama anak-anak berbeda-beda antara yang satu dan yang lain, hal ini disebabkan oleh kondisi psikologis anak yang masih berubah-ubah selain itu yaitu keturunan dan lingkungan.
Increasingly self-directed
Terjemahan: Semakin
                      mandiri.

Maksudnya bahwa orang dewasa merupakan manusia yang mandiri sehingga dapat disimpulkan bahwa orang dewasa mempunyai indikator dapat hidup mandiri, dapat mengambil keputusan sendiri dan tidak menggantungkan diri pada orang lain. (Problematik Pendidikan, hal: 13)
Role of learner’s experience
Terjemahan: Peran pengalaman pembelajar

To be built on more than used as a resource
Terjemahan: Akan dibangun di lebih dari digunakan sebagai sumber daya.

Maksudnya bahwa didalam diri seorang anak terkandung potensi atau bakat yang akan terbangun dari pengalaman belajaranya, hal ini di buktikan dengan penelitian neurologi yaitu bila anak distimulus dengan pengalaman belajar sejak dini maka akan ditemukan potensi paling unggul yang ada pada dirinya

A rich resource for learning by self and others
Terjemahan: Sebuah sumber daya yang kaya untuk belajar oleh diri sendiri dan orang lain.

Maksudnya bahwa peran pengalaman belajar orang dewasa lebih luas karena bersumber pada pengalaman belajar dirinya sendiri dan orang lain sehingga akan membuat kaya akan pengetahuan, seperti dijelaskan oleh Gestalt yaitu bahwa belajar sebagai pengembangan wawasan yang dihasilkan dari interaksi orang dengan linkungannya.
Readiness to learning
Terjemahan: Kesiapan
                     belajar.
Uniform by age-level and curriculum
Terjemahan: Seragam oleh tingkat usia dan kurikulum.

Maksudnya bahwa anak-anak terikat oleh aturan seperti seragam supaya bisa mendisiplinkan diri anak-anak. Kurikulum yang dimaksud yaitu supaya pengalaman di sekolah dan diluar harus dipersatukan sehingga segalanya menjadi suatu kesatuan dengan cara mengambil suatu masalah untuk dijadikan pusat segala kegiatan.( Pengantar pedagodik, hal:50)
Develops form life task and problems
Terjemahan: Berkembang dari tugas kehidupan dan masalah.

Maksudnya bahwa kesiapan belajar orang dewasa berpusat pada masalah dan pengalaman belajar yang dihadapi orang dewasa dalam kehidupan sehari-hari, hal tersebut dilakukan untuk menunjukan kepada orang dewasa bahwa pengetahuan yang diperoleh mempunyai kaitan dan fungsi dengan masalah-masalah yang dihadapi.(Teori Belajar Orang Dewasa, hal:22)
Orientation to learning
Terjemahan: Orientasi untuk belajar.
Subject-centered                   
Terjemahan: Subyek terpusat.

Maksudnya bahwa sasarannya atau subjeknya adalah anak didik dan bertujuan untuk menjadikan anak didik seperti yang diharapkan di dalam tujuan pendidikan.(Pengantar Pedagogik,hal: 25)
Task or problem-centered
Terjemahan: Tugas terpusat pada masalah.

Maksudnya bahwa orientasi belajar berpusat pada masalah sehingga akan mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari secara sistematis, hal tersebut diungkapkan oleh Dr.Kowit dalam perilaku praktis.(Teori Belajar Orang Dewasa,hal: 23)
Motivation
Terjemahan: Motivasi
By externsl rewards and punishments
Terjemahan: Dengan penghargaan dan hukuman eksternal.

Maksudnya bahwa motivasi belajar bisa tumbuh dari penghargaan yang diperoleh misalnya mendapat peringkat 1 diberi hadiah sepeda sedangkan hukuman diberikan bagi anak yang bertingkah laku tidak sesuai aturan yang bertujuan untuk menyadarkan anak agar sadar yaitu dengan memberikan sanksi yang tegas misalnya dihukum dibawah tiang bendera.  Motivasi memperoleh penghargaan sesuai dengan hierarki kebutuhan menurut Maslow yaitu needs for esteem.(Pengantar Pedagogik,hal:107)
By internal incentives, curiosity
Terjemahan: Oleh internal, rasa ingin tahu intensif.

Maksudnya bahwa motivasi muncul dari rasa ingin tahu dan orang dewasa akan berbuat sesuatu jika usaha tersebut bermanfaat bagi dirinya untuk meraih cita-cita, misalnya melibatkan langsung dalam penelitian mengenai masalah yang ada pada hidupnya dengan mengadakan diskusi kelompok untuk memancing pemikiran yang kritis dari orang dewasa. (Teori Belajar Orang Dewasa, hal:22)


ANDRAGOGY
Malcolm S. Knowles
PROCESS ELEMENTS
Elements
Pedagogical
Andragogical
Climate
Terjemahan: Iklim
Tense, low trust Formal, cold, aloof Authority-oriented Competitive, judgmental
Terjemahan: Tegang, rendahnya kepercayaan formal, dingin, suka menyendiri otoritas berorientasi kompetetif, menghakimi.

Maksudnya bahwa suasana hati dan sikap anak-anak ketika menghadapi masalah belajar yaitu tegang, menyendiri, menurunnya rasa percaya diri, dan persaingan antar teman. Hal ini disebabkan oleh kondisi psikologi anak yang masih berubah-ubah
Relaxed, trusting Mutually respectful Informal, warm Collaborative supportive
Terjemahan: Santai, percaya, saling menghormati, informal, mendukung kolaborasi hangat.

Maksudnya bahwa ikilim belajar orang dewasa mencakup kegiatan belajar serta kondisi psikologinya yang sudah stabil seperti sikap saling percaya, santai, saling menghormati antar orang dewasa.
Planning
Terjemahan: Rencana
Primarily by teacher
Terjemahan:Terutama oleh guru.

Maksunya bahwa rencana-rencana dibuat guru sebagai pedoman untuk mengajar yang dituangkan dalam sillabus. Rencana yang dibuat berupa peraturan yang harus ditaati ataupun rencana kegiatan pembelajran yang sesuai dengan kurikulum
Mutually by learners and facilitator
Terjemahan:Saling oleh peserta didik dan fasilitator.

Maksudnya bahwa didalam pembelajaran orang dewasa terdapat kontrak belajar yang harus disepakati bersama antara pendidik dan peserta didik
(orang dewasa) misalnya menyepakati daftar presensi masuk, tugas.
Diagnosis of needs
Terjemahan:Diagnosis kebutuhan
Primarily by teacher
Terjemahan:Terutama oleh guru.

Maksudnya bahwa kebutuhan-kebutuhan anak ditentukan oleh guru karena anak-anak sendiri belum bisa mencari referensi belajar yang cocok untuk pembelajaran
By mutual assessment
Terjemahan:Dengan penilaian bersama.

Maksudnya bahwa kebutuhan tersebut di diagnosis berdasarkan kemampuan yang ingin dicapai pada tujuan pembelajaran.Caranya yaitu dengan mengidentifikasi karakteristik, motivasi, mengukur tingkat pengetahuan peserta belajar pada awal pertemuan,dan kebutuhan belajar peserta belajar terutama menyangkut kesulitan belajar peserta belajar.(Teori Belajar Orang Dewasa,hal:146)
Setting of objectives
Terjemahan:Menetapkan tujuan
Primarily by teacher
Terjemahan:Terutama oleh guru

Maksudnya bahwa dalam menetapkan tujuan belajar telah dirumuskan dalam tujuan pendidikan yaitu untuk menuju kehidupan yang baik bagi individu dan masyarakat. Hal tersebut dirumuskan oleh guru sebagai pendidik. Menurut Dewey tujuan pendidikan bersifat temporer yang berarti jika suatu tujuan telah dicapai maka menjadi alat untuk mencapai tujuan berikutnya.(Pengantar Pedagogik,hal:49)
By mutual negotiation
Terjemahan:Dengan negoisasi saling menguntungkan

Maksudnya bahwa dalam merumuskan tujuan belajar harus ada kesepakatan bersama yang menguntungkan yaitu dengan mengukur tingkat pengetahuan peserta belajar pada awal pertemuan lalu antara pendidik dan peserta belajar bersama-sama merumuskan tujuan belajar yang dijadikan indikator terjadinya perubahan.(Teori Belajar Orang Dewasa,hal:145)
Designing learning plans
Terjemahan:Merancang rencana pembelajaran
Teachers’s content plans Course syllabus Logical sequence
Terjemahan:Guru kursus konten rencana urutan silabus logis

Maksudnya bahwa rencana kegiatan pembelajaran dibuat oleh guru dalam sillabus yang bentuk kegiatannya telah diatur secara urut berdasarkan kurikulum yang ada yang djadikan patokan dalam pembelajaran
Learning contracts Learning projects Sequenced by readiness
Terjemahan:Belajar kontrak proyek sequencing oleh kesiapan

Maksudnya bahwa rencana pembelajaran yang dipilih oleh pendidik untuk dilaksanakan baik peserta belajar maupun oleh sumber belajar dalam upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan bersama.(Teori Belajar Orang Dewasa,hal: 146)
Learning activities
Terjemahan:Kegiatan belajar
Transmittal techniques Assigned readings
Terjemahan:Teknik pengiriman ditugaskan pembacaan

Maksudnya bahwa anak-anak jika tidak diberikan suatu instruksi untuk belajar maka dia tidak akan mengulangi pelajaran yang telah dipelajari,maka dari itu dengan menyuruh anak untuk membaca secara tidak langsung anak akan mengingat kembali pelajaran yang telah disampaikan
Inquiry projects Independent study Experimental techniques
Terjemahan:Kirim proyek teknik studi independen eksperimental

Maksudnya bahwa dalam melaksanakan kegiatan belajar dilakukan dengan persiapan yaitu pengelolaan kelas, penyelenggaraan tes, penyajian bahan ajar, motivasi, diskusi, pemantauan interaksi belajar. Pemantauan interaksi belajar dapat berupa tugas mandiri, kelompok(Teori Belajar Orang Dewasa,hal:148)
Evaluation
Terjemahan: Penilaian
By Teacher Norm-referenced (on a curve) With grades
Terjemahan:Dengan guru norma-direferensikan (pada kurva) dengan nilai.

Maksudnya bahwa evaluasi dilakukan oleh guru dengan cara pemberian nilai. Evaluai mempunyai fungsi normatif yaitu evaluasi bersifat fleksibel sehingga murid akan ikut berpartisipasi dalam membimbing dan mengarahkan dirinya sendiri. Evaluasi yang baik didasarkan pada sistem kredit dan dilakukan secara terus menerus.(Pengantar Pedagogik,hal:230)
By learner-collected evidence validated by peers, facilitators, experts Criterion-referenced
Terjemahan:Dengan mengumpulkan bukti validasi oleh teman sebaya, fasilitator, ahli kriteria-referenced.

Maksunya bahwa penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung yang bersumber dari teman dan bukti yang telah tervaliditasi. Tujuan dilakukan evaluasi yaitu memperoleh feedback yang berupa taraf pencapaian tujuan, kesesuaian antara tekhnik dan metode pembelajaran, keberhasilan pembelajaran untuk mencapai tujuan.(Teori Belajar Orang Dewasa,hal:149)




CHARACTERISTICS OF ADULT LEARNERS
KARATERISTIK PEMBELAJAR DEWASA
ADULTS
CHILDERN
Broader base of experience
Terjemahan:Dasar pengalaman yang lebih luas

Maksudnya bahwa orang dewasa mempunyai pengalaman yang lebih luas karena telah mengalami tahap-tahap kehidupan dari bayi hingga dewasa. Orang dewasa lebih memanfaatkan keuntungan potensial dan kekurangan dari pengalaman kehidupan yang lampau dan pengalaman tersebut mencakup kejadian yang berkesan maupun kejadian yang menimbulkan stres.( Smith, 1982:40)
More limited experience
Terjemahan:Lebih terbatas pengalaman

Maksudnya bahwa anak-anak masih sedikit memperoleh pengalaman karena baru sebatas menempuh sepertiga dari bagian hidupnya yaitu sampai masa anak-anak.
Learning is often voluntary or self-motivated
Terjemahan :Belajar sering kali sukarela atau termotivasi

Maksudnya bahwa orang dewasa belajar dari keinginan yang bersumber dari motivasi internal yang berupa usaha yang bermanfaat yang tumbuh dari dalam dirinya sedangkan motivasi eksternal yaitu rangsangan dari luar.(Teori Belajar Orang Dewasa, hal:37)
Learning is more often compulsory
Terjemahan :Belajar lebih sering wajib

Maksudnya bahwa anak belajar karena berlandaskan aturan-aturan dari sekolah yang wajib dipatuhi. Misalnya belajar dari pukul 07.00 hingga 13.30
Learning can be self-directed
Terjemahan :Belajar dapat mandiri

Maksudnya bahwa orang dewasa belajar melalui pengalamann yang diperolehnya melalui keputusan yang diambilnya, tanggung jawab atas perbuatannya, dapat mengimplementasikan norma-norma dalam kehidupan sehari-hari, dan lain-lain.( Pengantar Pedagogik,hal:13)
Learning is usually teacher-directed
Terjemahan :Belajar biasanya diarahkan guru

Maksudnya bahwa anak-anak perlu bantuan orang lain terutama guru disekolah untuk mengarahkan kebutuhan dan minat anak dan guru harus membimbing dalam kegiatan belajar.(Pengantar Pedagogik,hal 53)
Little time available for attending classes and studying
Terjemahan :Tersedia untuk menghadiri kelas dan belajar sedikit waktu

Maksudnya bahwa orang dewasa mempunyai tanggung jawab dan waktu yang sedikit maka orang dewasa mempunyai waktu yang sedikit untuk belajar, mereka harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan dirinya dan keluarga sehingga mereka hanya menggunakan sisa waktu yang senggang untuk belajar.
School activities consume most time
Terjemahan :Kegiatan sekolah menyita sebagian waktu

Maksudnya bahwa seorang anak memang diwajibkan untuk belajar disekolah sehingga porsi belajar lebih banyak dan belajar pada anak harus lebih memusatkan konsentrasi yang akan menyita sebagian waktu anak
Learning often motivated by life responsibilities and changes
Terjemahan :Belajar sering termotivasi oleh tanggung jawab kehidupan dan perubahan

Maksudnya bahwa orang dewasa mempunyai alasan tertentu mengapa harus belajar sehingga memberikan motivasi untuk kearah perubahan. Motivasi seseorang ditentukan oleh lemah kuatnya motif seseorang untuk berusaha. Tujuan dari motivasi yaitu memberikan semangat belajar, meningkatkan saling perhatian dan interaksi anatara pendidik dan peserta belajar, meningkatkan efektifitas dan efisiensi.(Teori Belajar Orang Dewasa,hal:36)
Learning typically limited to academics
Terjemahan :Belajar biasanya terbatas pada akademisi

Maksudnya bahwa anak-anak belajar hanya mempelajari apa yang telah diperoleh pada waktu sekolah sehingga belajar diorientasikan hanya untuk bisa menempuh tingkatan lebih lanjut
Need for immediate application
Terjemahan :Kebutuhan aplikasi langsung

Maksudnya bahwa orang dewasa belajar dari masalah-masalah yang ada didalam hidupnya sehingga bisa untuk mengaplikasikannya dalam memecahkan masalah
Much learning has deferred application
Terjemahan:Banyak pembelajaran telah ditangguhkan aplikasi

Maksudnya bahwa pengaplikasian masalah hanya sebatas pemecahan soal-soal pelajaran yang diakaitkan dengan contoh kehidupan sehari-hari
View teacher as having a reciprocal relationships with students
Terjemahan :Lihat guru sebagai memiliki hubungan timbal balik dengan siswa

Maksudnya bahwa adanya feedback terhadap pembelajaran karena antara guru dan peserta didik(orang dewasa) mempunyai hubungan kedekatan secara umur dan didalam proses pembelajaran terdapat kontrak belajar yang harus disepakati antara pendidik dan peserta belajar
View teacher as having superior knowledge and authority
Terjemahan :Lihat guru sebagai memiliki pengetahuan unggul dan otoritas

Maksudnya bahwa anak hanya sebagai penerima ilmu dari guru yang merupakan otoritas dalam kelas sehingga hanya terjadi komunikasi satu arah antara guru dan murid
May have a negative self-concept
Terjemahan :Mungkin memiliki konsep diri negatif

Maksudnya bahwa konsep diri yang negatif akan menumbuhkan motivasi orang dewasa untuk berubah ke arah yang lebih baik
More likely to expect success
Terjemahan :Lebih mungkin untuk mengharapkan sukses

Maksudnya bahwa murid belajar lebih keras untuk meraih cita-cita agar kehidupan dimasa mendatang dapat menjadi cerah
May have established ideas, attitudes and behaviors which are difficult to change
Terjemahan :Mungkin telah membentuk ide-ide, sikap dan perilaku yang sulit untuk mengubah

Maksudnya bahwa sifat-sifat yang dimiliki orang dewasa lebih sulit unruk di ubah karena orang dewasa telah mendapat pengalaman yang pernah dialami
Less likely to have set ideas, attitudes or behaviors; more adaptable
Terjemahan :Kurang cenderung memiliki ide-ide mengatur, sikap tau perilaku, lebih mudah beradaptasi

Maksudnya bahwa anak-anak masih mempunyai sifat saling ketergantungan sehingga mereka ingin mempunyai teman yang melindungi dia dengan cara mereka mudah beradaptasi
Often intimidated by and resistant to tests
Terjemahan :Sering terintimidasi oleh dan tahan terhadap tes

Maksudnya bahwa pengetahuan orang dewasa terhadap perkembangan belajar misalnya teknologi masih rendah sehingga mereka sulit untuk menyesuaikan diri
More accustomed to taking tests
Terjemahan :Lebih terbiasa untuk mengambil tes

Maksudnya bahwa anak-anak dalam proses belajar selalu disuguhi oleh bermacam-macam soal tes sehingga mereka mampu memecahkan maslah
Extensive speaking vocabulary einfluences learning
Terjemahan :Kosa kata berbicara ekstensif mempengaruhi belajar

Maksudnya bahwa orang dewasa akan mudah menerima kosa kata asing jika sering diucapkan dan dikaitkan dengan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
Limited vocabulary which is increased through education
Terjemahan :Terbatas kosa kata yang meningkat melalui pendidikan

Maksudnya bahwa pengetahuan tentang kosa kata terbatas hanya pada pelajaran yang diperoleh
Physiological factors (visual, audio, health) may influence learning
Terjemahan :Faktor fisiologis(visual, audio, kesehatan) dapat mempengaruhi belajar

Maksudnya bahwa faktor yang mempengaruhi proses interaksi belajar yaitu faktor fisiologis yang meliputi pendengaran, penglihatan, kondisi fisiologis.  Dalam kegiatan pembelajaran kondisi fisiologis sangat berpengaruh yaitu kesehatan, kurang gizi, sakit yang diderita seperti pusing,flu.
Physiological factors are less likely to influence learning
Terjemahan :Faktor fisiologis cenderung untuk memperngaruhi belajar

Maksudnya bahwa kesanggupan belajar anak  dipengaruhi oleh faktor fisiologis seperti penglihatan, pendengaran dan kesehatan fisik.
Daftar Pustaka
Mappa, Syamsu. 1994. Teori Belajar Orang Dewasa.Jakarta: Direktorat Jendral
      Pendidikan Tinggi
Salam, Burhanuddin. 2002. Pengantar Pedagogik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

......RISA.....